23-07

Kebahagiaan kecil di bulan ini, tagihan gas, listrik, etc menurun. Ini sesuatu banget karena tagihan sebelumnya tinggi padahal tetangga kami yang anggota keluarganya lebih banyak jauh lebih sedikit tagihannya. Akhirnya baru saya tahu cara berhematnya. 23-07, bukan angka lotre, jadi ternyata pemakaian listrik dari jam 23 malam sampai 7 pagi ada diskonnya. Dan tetangga saya memang menyengajakan aktivitas lebih banyak pada rentang jam tersebut, namun artinya tidur lebih telat atau bangun lebih pagi.

Alhamdulillah, metode yang sama membuahkan hasil. Di Indonesia kalau nggak salah ada juga ya himbauan untuk memakai listrik di jam tidak sibuk seperti ini, tapi sepertinya pemerintah lebih banyak berkutat pada ide sosialisasi yang anggarannya banyak terpakai ke pembuatan iklan masyarakat. Metode diskon pada jam tertentu tampaknya lebih terasa kekuatan mengajaknya dibanding nayangin iklan berharap masyarakat sadar dengan sukarela. Tawaran yang kurang terasa mutualismenya, no direct impact. They should be smarter than that. Membuat kebijakan yang nggak hanya njejelin, manjain, tapi ngajak semua buat mikir apa yang baik. Blah, dah kayak politikus aja  gw ngemeng, well.. just saying

image

Nara and her 3rd bday cake

“Nara sekarang umur berapa?” “Empaaaat”, “Tiga naaak”.

Tak terasa sudah tiga tahun kami membesarkan Nara, terima kasih Ya Allah, Nara yang membuat hampir seluruh senyum dalam keluarga kecil kami ini. Yang mendekatkan jarak dalam setiap perselisihan kami. Ya Allah, bimbinglah kami dalam menjaga amanahMu ini

image

.

3

image

Terima kasih Nara telah hadir dalam kehidupan Ibu. Penyemangat, teman setia, penghilang kehambaran dalam hidup ibu. Yang selalu sabar, tersenyum, dan memaafkan kesalahan ibu. Tumbuhlah dengan baik nak, semoga hanya kebaikan yang terserap baik dalam hati dan perilakumu. Terima kasih sudah mengajarkan ibu banyak hal. Ibu sayang Nara.

Naja Sandya Kinara, 3 tahun

Panass

Sudah masuk musim panas, hari ini mencapai 32 derajat, dan hujan jarang banget, padahal harusnya masuk musim hujan dulu, tapi cuaca tampaknya mulai susah ditebak, ada awan mendung pun tidak terlalu membantu karena udaranya panas. Jendela sudah terbuka semua pagi sampai ke pagi lagi untuk irit listriknya AC, badan sudah gampang beraroma asem, haha, mandi sudah balik ke 2 kali sehari, males keluar rumah naik sepeda takut item, makanan sudah gampang rusak di ruang terbuka, nyamuk dan serangga dah mulai seliweran. Summer agak menakutkan. Kemarin pun saya harus merelakan saos tiram yang masih setengah botol gara-gara berjamur, ga rela, soalnya disini jarang ada, kalaupun ada mahal dan bukan Lee Kum Kee, hiks. curhat abis gini ya, hahaha.

Nara keringatnya ngucur terus, baru berhasil potong poni saat tidur buat ngurangin kegerahan, next project motong rambut sisanya, tentu saja potong sendiri. Hehe

image

Baked mashed potato

Baru selesai bikin sarapan Nara, kentang panggang tumbuk, resepnya dari sini, tapi daging giling saya ganti dengan salmon dan buncis diganti brokoli, takut brokoli keburu kuning di kulkas. Alhamdulillah Nara lebih suka yang kentang ini daripada makaroni, meskipun rasa nggak jauh beda.

image